Friday, August 10, 2012

Manfaat Teknologi Dalam Pembelajaran



     Pada zaman sekarang, teknologi bukanlah hal asing. Teknologi mulai menjadi sebuah gaya hidup yang berkembang di masyarakat. Segala usia dengan mudah mempelajari dan menggunakan teknologi. Namun, kemajuan-kemajuan dalam bidang teknologi tidak dibarengi dengan perilaku masyarakat yang bijak dalam menggunakan teknologi.

    Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat mendominasi. Karena teknologi dapat mengefisiensi dan mempermudah tugas-tugas manusia. Teknologi mulai mencangkup segala bidang. Akan tetapi, banyak orang yang menyalahgunakan teknologi untuk hal-hal negatif. Penggunaan teknologi juga kurang dioptimalkan.

    Salah satu bidang pengembangan teknologi adalah pendidikan. Teknologi dapat digunakan sebagai sarana pengembangan pendidikan. Apalagi para remaja juga sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Perilaku remaja erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. Teknologi dalam pendidikan dapat memberi hal-hal positif dan negatif. Hal-hal postif yang dapat diambil misalnya para remaja dapat leluasa mencari informasi, ilmu, dan modul pembelajaran dari internet. Internet dapat membuka cakrawala para remaja terhadap dunia luar. Dikarneakan  internet tidak terbatas ruang dan waktu.

    Diperlukan suatu inovasi agar peran teknologi dalam pengembangan pendidikan berfungsi optimal. Peran guru sangat dibutuhkan. Guru dapat menggunakan teknologi sebagai sarana pembelajaran siswa ataupun sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswa. Komunikasi antara guru dan siswa sangat dibutuhkan demi menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran di sekolah.

    Teknologi memang mempunyai banyak manfaat. Akan tetapi, para remaja juga  harus berhati-hati dalam manggunakan teknologi. Para remaja diharap mempunyai sikap selektif dan waspada agar tidak terjerumus hal-hal negatif. Semoga kedepannya teknologi semakin berkembang dalam hal-hal posiif yang dapat memajukan kehidupan manusia.



No comments:

Post a Comment